Smartwatch Xiaomi Mi Watch Lite : Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap
Smartwatch Xiaomi Mi Watch Lite : Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap

Smartwatch Xiaomi Mi Watch Lite : Harga, Spesifikasi dan Review Lengkap

TigaBisnis.com – Usai mengeluarkan beragam smartband di tanah air Indonesia, akhirnya tahun 2020 lalu pabrikan besar Xiaomi merilis smartwatch pertamanya, yang bernama Xiaomi Mi Watch Lite. Terget utama Xiaomi semenjak smartwatch ini dikeluarkan adalah untuk kalangan pemula dengan dana minimal.

Harga Xiaomi Mi Watch Lite Terbaru

Tidak heran karna harga yang mereka tawarkan cukup murah untuk sekelas smartwatch pada kelasnya. Dimana untuk mendapatkannya, kamu cukup membayar Rp 899.000 saja. Walaupun begitu, beragam fitur disediakan di smartwatch ini, sehingga penggunanya tidak kecewa setelah meminangnya.

Berikut ini daftar harga Xiaomi Mi Watch Lite terbaru Agustus 2021 yang dikutip dari tokopedia:
Harga Xiaomi Mi Watch Lite SmartwatchRp819.000
Harga Xiaomi Official Mi Watch Lite SmartwatchRp899.000
Harga Xiaomi Mi Watch Lite GPS SmartwatchRp678.000

Spesifikasi Xiaomi Mi Watch Lite

JARINGANTeknologiTidak ada konektivitas seluler
PERONOSOS berpemilik
PENYIMPANANSlot kartuTidak
InternPenyimpanan tidak ditentukan
KAMERATidak
SUARAPengeras suaraTidak
Jack 3.5mmTidak
KOMUNIKASIWLANTidak
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYa, dengan GLONASS
NFCTidak
RadioTidak
USBTidak
FITURSensorAkselerometer, gyro, detak jantung, barometer
BATERAIJenisLi-Ion 230 mAh, tidak dapat dilepas
LAIN-LAINwarnaHitam, Biru, Gading
Harga€ 56.98

Review Lengkap Xiaomi Mi Watch Lite

Dimensi

untuk segi ukuran Mi Watch Lite bisa dibilang lumayan kecil untuk dipergelangan tangan. Bobotnya juga yang ringan karena hanya berukuran 35 gram saja, sehingga tidak merepotkan pengguna ketika memakai jam pintar ini. Kualitas bahan pada tali dan desainnya jam tidak memberi kesan yang premium.

Namun, terasa nyaman dan kuat saat digunakan. Jamnya ini tahan terhadap air dan memiliki rating 5 ATM, sehingga dapat dipakai untuk berenang. Bentuk jam persegi panjang dilapisi bezel yang cukup besar.

Tentu tidak heran jika smartwatch ini sama seperti LG G Watch jika diperhatikan dengan detail. Namun, Mi Watch Lite jauh lebih elegan karena ada lengkungan di sudut jam dan bagian layarnya. Di area sisinya, hanya ada satu tombol yang berfungsi untuk akses setiap menu yang ada.

Body

Di sisi belakang, terdapat sensor detak jantung dan pin yang bisa dipakai untuk mengisi daya jam tangan. Tali jam yang digunakan dibalut tali jam khusus, sehingga rumit di service dengan tali jam standar di pasaran.

Hal yang sangat ditakutkan dari Xiaomi Mi Watch Lite adalah ketahanan terhadap daya tahan terbentur. Belum mempunyai bezel yang menjorok ke atas dan tidak diberi pelindung layar Gorilla Glass, membuat layar kaca jam cukup rentan benturan.

Mengingat bezel yang diberi cukup besar, tentunya layar dari Mi Watch Lite ini juga sedikit kecil. Ukuran layarnya hanya 1,4”, namun mempunyai resolusi 320×320 piksel. Karena resolusi yang tidak kecil, tidak heran jika tampilan layar jam cukup mulus saat dilihat.

Layar

Layarnya menggunakan teknologi TFT dengan hasil tampilan yang tidak buruk sama sekali di kelasnya. Pada siang hari, tampilan jam agak terlihat tapi jika dilihat agak miring akan sulit dilihat dikarenakan gelap. Keadaan standar bawaannya, jam ini hanya mempunyai tampilan waktu tidak lama tapi dapat diperpanjang lewat settingan jam.

Satu hal yang banyak disayangkan dari jam ini yaitu tidak memiliki fitur Always on Display, dengan demikian layar jam harus diaktifkan dengan terus terusan atau otomatis dengan gestur tangan yang melihat ke jam.

Performa

Dilihat dari performa yang terpasang, Mi Watch Lite sebagus yang dibayangkan. Jamnya tidak cepat ketika merespon sentuhan jari pemakainya. Terdapat jeda antara sentuhan serta aksi yang dilakukan oleh sistem jam. Sebagai contoh ketika menggulir layar atau memencet tombol menu di jam ini,

ada lagi, animasi bergulir di jam ini juga lumayan kurang bagus atau kurang mulus. Meskipun performa yang jam ini miliki agak lambat. tapi masih belum mengganggu ketika digunakan. Artinya masih terasa nyaman untuk dipakai.

Pemakaian

untuk menggunakan Mi Watch Lite, Anda diharuskan mengunduh aplikasi pendukung Xiaomi Wear yang ada di iPhone ataupun Android. Aplikasi tersebut dipakai sebagai aplikasi dukungan yang menampilkan data yang dapat diperoleh dari smartwatch dan sebagai fitur menyetel dan menambah konten yang ada di jam.

Tampilan yang terdapat di aplikasi sangat sederhana dan jelas, dan dapat memudahkan pengguna Xiaomi Mi Watch Lite. Bahkan tidak sedikit yang suka dengan tampilan yang diberikan dari aplikasi ini.

Dapat Mengunduh Watchface Tambahan

Watchface tambahan dapat didownload lewat aplikasi Xiaomi Wear jika watch bawaan di jam terasa kurang mengasyikkan. Namun, saat ini jumlah watchface yang disajikan belum tidsk banyak. Untuk watchface tertentu, tampilan dapat dikombinasikan agar dapat menampilkan informasi berbeda.

nah seperti fitur detak jantung, jumlah langkah, sampai fitur kapasitas baterai. Jam tangan ini tidak beri dukungan penginstalan aplikasi dari pihak ketiga, menjadikan fungsi jam yang diberikan cukup terbatas di fitur bawaannya.

Fitur

Sebenarnya tidak sedikit fitur-fitur yang disajikan di Xiaomi Mi Watch Lite. Namun kita tidak semuanya akan dibahas di sini. Berikut penjelasannya:

Rancangan Notifikasi yang Mudah

Mi Watch Lite bisa menampilkan notifikasi yang muncul di ponsel yang telah dihubungkan sebelumnya.

Notifikasi itu dapat disentuh untuk menampilkan isi notifikasi secara dail, tapi notifikasinya tidak bisa ditindak langsung lewat smartwatch. Notifikasi yang ada di Mi Watch Lite, tidak bisa disinkron dengan notifikasi ponsel, jika salah satu notifikasi itu akan hilang.

Artinya kamu tidak perlu menghapus notifikasi yang sudah tidak dibutuhkan, baik di jam ataupun ponsel yang telah tersambung. Meskipun cukup membantu, ternyata terdapat kekurangan dari fitur ini.

Misalnya, button hapus semua notifikasi kerap tenggelam ke bawah area daftar notifikasi saat banyak notifikasi. Belum lagi tali yang agak kasar. Kamu membutuhkan banyak waktu untuk dapat menemukan tombol tersebut. Tidak jarang malah terlewat.

Panggilan Masuk Sudah Disinkronkan

Tak hanya itu, jam pintar ini dapat mendeteksi panggilan telepon yang masuk. Sayangnya, tombol menerima telepon belum ada. Hanya tombol untuk menolak telepon yang diberikan.

Ada juga fitur play musik yang dapat kita gunakan di handphone. Aplikasi pemutar musik yang banyak dikalangan masyarakat seperti Spotify hingga Poweramp bisa dikontrol lewat jam ini.

Aktivitas yang Tercatat Secara Mendetail

Sebagai smartwatch, Mi Watch Lite juga memberikan fitur pencatatan aktivitas dengan detail. Terdapat 11 macam aktivitas yang sudah didukung di dalam jam pintar ini.

diantara aktivitas standar berlari, berjalan kaki, sampai bersepeda. Selama aktivitas tersebut dilakukan, smartwatch ini akan menampilkan informasi informasi seperti detak jantung, jarak tempuh, kecepatan bergerak, durasi aktivitas, sampai informasi tambahan lainnya.

Informasi tersebut dapat dicari dengan menggeser layar jam. Mi Watch Lite ini mempunyai sensor GPS yang di dalamnya tidak bergantungan dengan sensor GPS dari handphone. Maksudnya adalah, GPS di Mi Watch Lite bisa beroperasi sendiri. Proses untuk lock GPS juga cukup cepat dengan data yang sangat akurat.

Baterai

Berbincang soal baterai Mi Watch Lite, daya tahan baterainya bisa dikatakan cukup tahan lama. baterai dapat bertahan sampai 7 hari 6 jam, untuk baterai 100% ke 10%. Daya tahan baterai yang cukup lama menjadikan kamu tidak perlu khawatir akan baterainya.

Untuk pengisian baterai kamu bisa memakai dudukan khusus dari Mi Watch Lite yang bisa dikoneksikan dengan kepala charger lewat USB C. hanya dengan waktu 1 jam 20 menit untuk pengisian baterai dari 10% ke 100%.

Xiaomi Mi Watch Lite bisa dijadikan rekomendasi untuk kamu yang sedang mencari smartwatch yang kaya akan fitur dan ringan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.