Penomoran iPhone Akan Dihapus Gara-gara iPhone 13?
Penomoran iPhone Akan Dihapus Gara-gara iPhone 13?

Penomoran iPhone Akan Dihapus Gara-gara iPhone 13?

Kedatangan angka 13 yang tidak beruntung memberi Apple alasan sempurna untuk akhirnya berhenti memberi nomor pada iPhone-nya.

Angka itu penting, karena penggemar kriket atau pemenang lotre akan memberi tahu Kamu, tetapi angka itu tidak ada di mana-mana. Aneh, ketika Kamu memikirkannya, cara benda-benda tertentu diberi nomor dan yang lain tidak.

Pemain sepak bola diberi nomor punggung. Bola biliar Amerika (tetapi bukan Inggris) diberi nomor. Hidangan takeaway (kadang-kadang) dan es krim (kadang-kadang) diberi nomor. Serial dan episode acara TV diberi nomor. Film dan game diberi nomor – atau dulu, sampai munculnya titik dua dan ampersand, jadi lebih ramah bagi pendatang baru dan memuaskan pemegang saham.

Tetapi berapa banyak produk lain yang diberi nomor, bahkan ketika mereka cocok dengan urutan logis? Buku misalnya, meskipun angkanya berada di bawah setiap halaman. Rekor, hampir tidak pernah, kecuali Kamu Scott Walker atau Led Zeppelin. Shakespeare suka menyebutkan beberapa sejarahnya, tentu saja; Saya tidak pernah menonton Henry V karena saya belum melihat empat drama pertama dan berpikir saya tidak akan mengerti plotnya.

iPhone Keempat (iPhone 4)

Dan iPhone, yang terkenal dan paling relevan dengan kolom ini, telah diberi nomor, terkadang secara logis, sejak iPhone 4 yang sangat dicintai pada tahun 2010. Itu adalah iPhone keempat, jadi disebut iPhone 4. Sederhana dan akurat.

iPhone sebelum dan sesudahnya kurang mematuhi aturan aritmatika. iPhone 3G mendapatkan namanya karena dimasukkannya konektivitas 3G daripada karena itu model ketiga (sebenarnya yang kedua), dan 3GS mendarat di nomor yang benar, bisa dibayangkan, secara tidak sengaja.

Model kelima disebut iPhone 4s, memperkuat konvensi merek generasi S tick-tock yang akan membuang penomoran setelahnya, yang berarti iPhone 5 sebenarnya adalah model keenam, iPhone 6 adalah yang kedelapan (dengan asumsi Kamu mempertimbangkan 5c dan 5s sebagai satu generasi) dan iPhone 7 adalah yang ke-11 (jika Kamu memasukkan SE dalam urutan ‘canon’). Kemudian kami mendapatkan iPhone dengan angka Romawi, dan semua taruhan dibatalkan.

Pendekatan Apple terhadap dunia angka memang eksentrik, tetapi juga tidak konsisten dengan cara perusahaan memberi merek hampir semua produk lainnya. iMac dan MacBook diberi label dengan spesifikasi dan tahun, bukan generasi numerik. Tidak ada Apple TV 3, dan tidak mungkin ada HomePod mini 2.

Sejumlah produk lain – iPad, AirPods dan Apple Pencil, terutama – memiliki label generasi, tetapi perusahaan tidak menggunakannya sebagai bagian dari merek promosinya. Mereka adalah bagian dari cetakan kecil. Mereka bukan merek.

Tapi iPhone – bersama dengan Apple Watch, yang nomor Serinya telah naik setiap tahun dengan rasa matematika yang mengagumkan, jika Kamu mengabaikan Seri 1 generasi kedua yang membuat model aslinya, secara retrospektif, Seri 0 – telah terjebak tanpa henti dengan sistem di mana model baru keluar dan jumlahnya naik satu.

iPhone yang diumumkan September ini mungkin akan disebut iPhone 13, dan Kamu akan melihat nomor 13 dalam font sans serif yang menarik dengan latar belakang putih di semua jenis iklan yang sangat menarik juga. Jumlah ini akan menjadi papan utama di seluruh penjualan Apple.

Bukanlah Sebuah Angka

Bahkan mungkin belum disebut iPhone 12s, karena alasan yang berkaitan dengan tradisi tik-tok yang disebutkan sebelumnya dan takhayul yang melekat di bagian dunia tertentu dengan nomor 13. Tetapi bukankah lebih baik mengambil kesempatan ini untuk lepaskan sistem penomoran sama sekali, dan perlakukan telepon baru dengan cara yang sama seperti Mac mini baru? Hadirin sekalian, dengan senang hati kami mempersembahkan iPhone (2021).

Nah! Bukankah itu lebih bagus?

Masalah yang saya miliki dengan nomor iPhone adalah bahwa mereka tidak lagi memiliki tujuan. Mereka tidak membantu pelanggan membedakan antara model karena jumlahnya sangat besar dan mereka tidak mengikuti pola logis.

Bagi siapa saja yang tidak menyadari “iPhone X” diucapkan “iPhone Ten”, sama sekali tidak jelas bagaimana itu cocok dengan urutan di samping iPhone 8 dan iPhone 11. (btw, apa yang terjadi dengan iPhone 9? ) iPhone SE tidak memiliki jangkar yang jelas ke seluruh sistem, dan model generasi S membingungkan bagi siapa pun yang tidak terbiasa dengan sistem tersebut.

Lebih mendasar lagi, branding “iPhone 12” sebenarnya tidak memberi Kamu informasi mutlak tentang perangkat – ini hanya berfungsi relatif terhadap model lain. Ini satu generasi lebih baru dari iPhone 11, tentu saja (dengan asumsi Kamu beruntung dan belum ada generasi S yang memperumit masalah). Tapi kapan iPhone 11 keluar? Inilah sebabnya mengapa Kamu akan melihat vendor seperti Amazon menyertakan frasa seperti “generasi terbaru” di akhir nama produk Apple. (Sebuah praktik yang, tentu saja, terbuka untuk segala macam kebingungan dan bahkan penyalahgunaan.)

Semua ini akan sangat disederhanakan jika angka berulang diganti dengan tahun. Berapa umur iPhone (2021)? Ini baru! Itu keluar pada tahun 2021.