7 Cara Memilih Kamera Vlogging Agar Hasil Profesional
7 Cara Memilih Kamera Vlogging Agar Hasil Profesional

7 Cara Memilih Kamera Vlogging Agar Hasil Profesional

TigaBisnis.com – Vlog adalah singkatan dari Video Blog, yang merupakan kegiatan seperti blogging. Bedanya jika blog dilakukan secara tekstual dengan menulis, vlog dilakukan dengan membuat video atau bahasa kerennya adalah vlog/vlogging. Untuk memudahkan dalam membuat konten vlog, biasanya kita menggunakan kamera vlog dari beberapa merek.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam terkait pemilihan kamera vlog terbaik untuk kamu yang ingin membuat vlog atau mau mendokumentasikan berbagai momen keseruan dalam hidup agar tidak luput dari perhatian.

Vlogging telah meramaikan internet dengan sebagian besar selebriti menunjukkan kehidupan sehari-hari mereka di YouTube. Hingga saat ini semakin banyak orang yang ingin membuat vlog untuk berbagai keperluan. Namun banyak yang belum memahami alat apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana Spesifikasi Kamera Vlog?

Sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus mengenai kamera vlog. Kamera sebenarnya bisa dipakai dan peralatannya dapat bervariasi tergantung pada model konten vlog yang akan kamu buat. kamu dapat menggunakan kamera smartphone atau kamera DSLR untuk kualitas video yang lebih baik.

Inilah 7 Cara Memilih Kamera Vlogging Agar Hasil Profesional

Untuk kamu yang ingin membuat vlog untuk pertama kalinya atau kamu seorang vlogger lama yang ingin meningkatkan kualitas video kamu. Memilih kamera merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Dengan banyaknya penjualan kamera vlogging itu akan membuat kamu bingung dan resah dengan banyaknya pilihan, spesifikasi di atas kertas, dan hal-hal lain yang perlu diperhitungkan.

Hal-hal seperti Resolusi kamera yang kamu butuhkan? Apakah perlu stabilisasi? Bisakah kamu hanya menggunakan ponsel cerdas kamu untuk vlogging? Di bagian ini, kita akan memulai pembahasan terkait poin-poin penting yang harus kamu pertimbangkan saat menentukan kamera vlog agar kamu tidak membeli alat yang salah.

1. Kualitas Gambar video

Hal utama yang perlu menjadi pertimbangan ialah apakah kamu perlu merekam vlog dengan kualitas  Full HD 1080p atau UHD 4K.  Saat ini, handphone/smartphone model terbaru dan kamera vlogging kecil menawarkan perekaman dengan kualitas 4K. Ini memungkinkan kamu untuk mempublikasikan vlog dengan resolusi yang menakjubkan.

Jika menginginkan hal ini, hal yang perlu diperhatikan selain membutuhkan kamera yang mendukung 4K. kamu juga harus memiliki komputer yang mampu mengedit video 4K. Lain dari itu, mayoritas orang masih menonton konten di ponsel cerdas dengan resolusi yang relatif kecil, yang berarti vlog 4K kamu mungkin tidak sepenuhnya bisa menikmati kualitasnya, karna resolusi 4K masih hanya tersedia untuk teknologi televisi. Itu pun tidak semua televise memiliki fitur 4K.

2. Stabilisasi Kamera

Stabilisasi kamera sangat penting untuk kualitas video dan pengalaman menonton video dari penonton kamu. Pada dasarnya, kestabilan kamera dalam merekam mengacu pada metode yang menghilangkan goyangan selama proses perekaman dilaksanakan. Metode ini sering kali memakai gimbal 3-sumbu, yang bermuatan sistem motor yang mengoreksi gerakan kamera.

kestabilan gambar optik memiliki fitur bergerak-gerak yang ada di lensa kamera agar menghilangkan rekaman yang gerak. Sebagai alternatif, beberapa kamera juga mempunyai EIS internal, yang memiliki sofeware untuk mengoreksi goyangan kamera. Kelemahan terbesar EIS adalah penurunan kualitas gambar, yang sering kali ditandai dengan efek melengkung pada rekaman.

3. Portabilitas

Kamera terbaik adalah yang kamu bawa. Membuat vlogging tidak pernah semudah ini sebelumnya. kamu dapat dengan mudah memasukkan kamera dengan resolusi 4K ke dalam video kamu. Disisi yang berbeda, kamera mirrorless dan DSLR sering kali mempunyai kualitas gambar yang sangat bagus dan memberikan keserbagunaan yang luar biasa untuk berbagai situasi pemotretan.

Portabilitas di sini tergantung pada pilihan pribadi, apakah kamu lebih suka perangkat yang kecil dan praktis atau perangkat yang lebih besar dan lebih bertenaga yang tentunya juga membutuhkan alat tambahan.

4. Masukan Mikrofon

Siapa pun yang pernah berkecimpung di dunia vlog atau videographer akan memberikan tahu kamu bahwa audio yang bagus dapat mengubah vlog biasa menjadi sesuatu yang terlihat profesional dan enak untuk di dengarkan oleh para penonton atau penikmat video. Mikrofon internal biasanya menawarkan kualitas audio yang lebih rendah daripada mikrofon eksternal yang terhubung ke input mikrofon kamera.

Menggunakan mikrofon eksternal untuk keperluan vlog dapat meningkatkan kualitas audio dan mengurangi kebisingan yang ditimbulkan oleh angina atau suara yang tidak perlu. Saat kamu membeli kamera vlogging, pastikan mikrofon internal memiliki kualitas yang layak atau pastikan memiliki jack audio 3,5 mm untuk penggunaan mikrofon eksternal.

5. Layar LCD

Layar kamera kamu dapat memiliki sejumlah fungsi tergantung pada desainnya. Ada dua fitur utama yang menarik bagi sebagian besar vlogger. Layar lipat  serta layar sentuh yang sepenuhnya mengartikulasikan untuk memfokuskan secara manual.

Layar reversibel memungkinkan kamu merekam diri sendiri dan memantau prosesnya secara bersamaan. Meskipun ini tidak mutlak penting, ini membuat seluruh proses vlog menjadi lebih mudah. Karena bisa melihat sekilas untuk mengecek komposisi gambar. Layar sentuh juga berguna, memungkinkan kamu mengubah fokus dengan mudah.

6. Performa Saat Cahaya Rendah

Faktor ini sangat penting, apalagi jika kamu sering melakukan vlog pada keadaan malam hari, di dalam ruangan, atau sebaliknya dalam kondisi minim cahaya. Dijaman sekarang sensor handphone telah meningkat  fungsinya secara derastik, DSLR dan Mirrorless biasanya menawarkan kinerja yang lebih baik dalam cahaya yang rendah.

7. Konektivitas Wi-Fi

Konektivitas Wi-Fi membantu kamu dengan cepat mentransfer file video ke ponsel cerdas kamu sehingga kamu dapat segera mengunggahnya ke media sosial. Konektivitas Wi-Fi juga sangat berguna untuk live streaming. Memberi kamu kemampuan untuk melakukan streaming langsung ke platform apa pun yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Itulah 7 cara memilih kamera untuk vlog yang membantu kamu  sekali dalam  menentukan pilihan. Selain dituntut harus mempunyai hasil yang bersih, beberapa fitur juga akan sangat memudahkan dalam berkreasi.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pemilihan kamera untuk vlog, semoga dapat bermanfaat.