6 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Jika iPhone Jatuh Dalam Air
6 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Jika iPhone Jatuh Dalam Air

6 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Jika iPhone Jatuh Dalam Air

TigaBisnis.com – Jika iPhone jatuh ke kolam taman, kolam renang atau toilet, sangat penting untuk bergegas menyelamatkan smartphone dari kematian akibat kerusakan air. Dalam artikel ini kami mengungkapkan trik mana yang dapat Kamu gunakan dan apa yang tidak boleh Kamu lakukan dalam keadaan apapun.

Sesering hujan musim panas ini, kemungkinan besar iPhone Kamu akan basah karena presipitasi daripada Kamu akan menjatuhkannya ke air di kolam renang, danau pemandian, atau laut terdekat. Tetapi dalam keadaan apa pun iPhone menjadi basah: Teknologi dan air biasanya tidak cocok satu sama lain, itulah sebabnya Kamu harus bertindak cepat dan jangan ragu.

Pengguna iPhone yang lebih baru dari iPhone 7 hingga dan termasuk iPhone 12 Pro Max sudah terlindungi dari masalah terburuk: Model ini relatif anti air, Kamu harus melakukan banyak upaya untuk menyebabkan kerusakan air pada perangkat. Faktanya, perangkat semacam itu cukup mampu bertahan beberapa bulan di dalam air dengan hanya kerusakan kecil.

Tapi itu terjadi lagi dan lagi bahwa perangkat yang lebih tua (seperti iPhone 6S, SE atau 6) jatuh ke toilet atau wastafel yang berisi air. Terus?

Reaksi cepat diperlukan di sini (jika Kamu tidak memiliki casing tahan air untuk iPhone Kamu), karena kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban bukanlah alasan bagi produsen ponsel untuk memberikan jaminan. Kebetulan, Apple mengecualikan kerusakan air dari garansi, bahkan untuk model yang lebih baru.

6 Hal yang Harus Diperhatikan

Jika iPhone Kamu juga jatuh ke air, Kamu harus mempertimbangkan aspek-aspek berikut:

  1. Jika iPhone masih menyala, matikan segera, lalu keringkan bagian luar perangkat.
  2. Jangan keluarkan baterai dalam keadaan apapun. Tidak hanya sangat memakan waktu, tetapi membuka perangkat sendiri juga membatalkan garansi Apple .
  3. Dalam situasi apapun perangkat tidak boleh ditempatkan di microwave, oven, atau pemanas hingga kering. Jangan gunakan pengering rambut juga. Jika tidak, komponen dapat terlalu panas dan kondensasi dapat terbentuk, yang akan membuat iPhone benar-benar tidak dapat digunakan.
  4. Dengan iPhone yang lebih baru, Applemerekomendasikan untuk mengetuk perangkat dengan lembut dengan sisi Lightning (lubang charger) menghadap ke bawah sehingga sebagian besar air keluar.
  5. Ambil kantong plastik kedap udara (sebagai alternatif dengan mangkuk plastik yang dapat ditutup dengan penutup) dan isi dengan beras. Karena ini secara inheren hidrofilik, ia menarik sejumlah besar uap air. Ini mencegah air yang menguap di iPhone agar tidak mengendap lagi di komponen iPhone, malah menempel pada nasi.
  6. Pastikan ada cukup beras di sekitar iPhone. Setelah 72 jam Kamu dapat mencoba menghidupkan kembali iPhone. Kamu dapat terus menggunakan iPhone 7 atau lebih baru yang langsung jatuh ke air, tetapi Kamu tidak boleh menggantungnya di pengisi daya selama lima jam berikutnya hingga soket Lightning mengering.

iPhone 6S dan 6S Plus memiliki peluang lebih besar daripada model lama untuk melindungi perangkat dari kerusakan air. Pada generasi iPhone dari 2015, Apple memiliki strip silikon tipis built in, yang seharusnya melindungi perangkat dari penetrasi kelembaban.

IPhone 7, iPhone SE generasi kedua, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8 disertifikasi sesuai dengan IP67, yang berarti mereka dapat bertahan hingga 30 menit pada kedalaman satu meter lebih atau kurang tidak rusak. IPhone XS dan iPhone 11 bersertifikat IP68 dan dapat bertahan di kedalaman dua meter hingga 30 menit.

IPhone 11 Pro juga bersertifikat IP68, tetapi bertahan selama 30 menit yang sama pada kedalaman empat meter. Kedua model iPhone 12 – iPhone 12 dan iPhone 12 Pro – memiliki durasi yang sama yaitu setengah jam di kedalaman enam meter.

Garansi Apple Tidak Mencakup Kerusakan iPhone Jatuh Ke Air

Di situs Apple secara tegas disebutkan bahwa kerusakan akibat cairan pada iPhone atau iPod tidak tercakup dalam garansi. Juga tambahan karena AppleCare + tidak akan membantu jika ragu.

“IPhone dan sebagian besar model iPod yang dibuat setelah tahun 2006 memiliki sensor cair (LCI) built-in yang menunjukkan apakah perangkat telah terkena air atau cairan yang mengandung air.”

Sensor (LCI) ini biasanya berwarna putih atau perak, tetapi berubah menjadi merah segera setelah bersentuhan dengan air atau cairan yang mengandung air. Jika Kamu ingin mengetahui apakah LCI di iPhone terkena cairan, lepaskan penutup slot kartu SIM untuk model dari iPhone 5 dan lebih tinggi. Di sini Kamu akan menemukan sensor yang memberikan informasi tentang status perangkat.

Di iPhone 4 dan 4S, atau di 3G dan 3GS, sensor dapat dilihat melalui input audio atau koneksi pengisian daya.

Perhatian juga disarankan dengan iPhone 7 dan yang lebih baru: model iPhone baru anti air, tetapi itu tidak berarti mereka juga tahan air. Jika Kamu pernah menemukan diri Kamu dalam hujan dengan iPhone 7 dan yang lebih baru – secara harfiah – ponsel cerdas Kamu mungkin tidak akan rusak. Kamu juga dapat melihat di iklan Apple bahwa iPhone 7 dilindungi dari percikan air.

Namun, Kamu tidak boleh terlalu bersemangat untuk bereksperimen dan menenggelamkan iPhone sepenuhnya di bawah air untuk waktu yang lama. Dalam keadaan tertentu, kerusakan air masih dapat terjadi, yang masih belum ditanggung oleh Apple Care+.

Beras Bukan Obat Mujarab

Namun, trik dengan beras tidak bekerja untuk setiap kerusakan air, selalu tergantung pada komponen mana yang terpengaruh. Bahkan restart yang berhasil setelah tiga hari waktu pengeringan tidak memberikan keamanan apa pun: air dapat menyebabkan korosi di dalam iPhone, konsekuensinya hanya muncul setelah beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Jika Kamu melihat iPhone Kamu sering terkena bahaya air, Kamu pasti harus mendapatkan casing tahan air agar tidak mendapatkan masalah di tempat pertama.